Kamis, 15 Desember 2011

Keputihan

KEPUTIHAN
Oleh dr. R. Lia Mulyani
(Relawan MER-C)


Keputihan dalam bahasa medis dikenal sebagai flour albus atau leukore.
Yang dimaksud dengan keputihan adalah cairan yang keluar dari alat genital wanita yang tidak berupa darah . Hal ini terjadi karena pengaruh hormonal dalam tubuh . Keluarnya cairan selain darah ini dapat bersifat normal ataupun tidak normal (patologis).
Keputihan yang bersifat normal terjadi saat ovulasi (keluarnya sel telur dari kandung telur), menjelang dan setelah menstruasi, adanya rangsangan seksual serta dalam kehamilan. Dalam keadaan stress, keputihan juga sering terjadi.
Keputihan yang bersifat patologis yang umumnya disebabkan oleh infeksi pada alat genital, baik infeksi yang ditularkan langsung tanpa melalui hubungan seksual ataupun yang ditularkan melalui hubungan seksual. Namun selain infeksi, keputihan yang patologis juga dapat timbul jika terdapat tumor -- baik jinak maupun ganas – pada alat genital.
Bagaimanakah perbedaan antara keputihan yang normal dan keputihan yang patologis ? Keduanya dapat saja memberikan keluhan karena sering menimbulkan rasa tidak nyaman.
Pada keputihan yang normal cairan yang keluar berwarna jernih dan tidak berbau. Berbeda dengan keputihan patologis, selain memberikan rasa tidak nyaman, timbul pula keluhan-keluhan lain seperti rasa gatal. Warna cairan yang keluar tidak lagi jernih dan cairan yang keluar berbau.
Jika sudah timbul keluhan-keluhan tersebut, maka keputihan dapat dikatakan patologis. Segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan mendapatkan terapi yang tepat.
http://www.mer-c.org/mc/ina/ikes/ikes_0304_keputihan.htm

Photobucket