Kamis, 15 Desember 2011

Benda Asing Masuk Ke Hidung

BENDA ASING MASUK KE HIDUNG


1. HIDUNG
Hidung merupakan salah satu organ pernafasan yang sangat penting. Di dalam hidung terdapat rambut-rambut tang berfungsi untuk menyaringudara agar bersih dan tidak terdapat kotoran atau debu sehinggaparu-paru kita dapat berfungsi sebagaimana mestinya, selain itu hidung juga sebagai indra pembau. Yang sangat membantu dalam membedakan antara bau busuk dan tidak.hidung juga berfungsi dalam pengeluaran ucapan atau saat kita berbicara secara tidak langsung hidung kita juga mengeluarkan suara. Seperti suara –ng,-ny,dll.
2. BENDA ASING MASUK HIDUNG
Anak-anak kadang-kadang memasukkan biji-bijian kedalam hidung untuk mengambilnya kembali sebaiknya serahkan kepada dokter. Kalau hendak mencoba mengambilnya sendiri pergunakanlah sebatang kawat berujung tumpul yang dibengkokkanserta kail. Dengan hati-hati masukkanlah kail tersebut menyusup sampai benda asing tadi, setelah melampauinya tariklah benda asing tadi berlahan-lahan. Selain cara diatas ada juga cara-cara yang lain;
Mintalah anak meniup melalui hidung sambil anda menutupi lubang yang lain. Kadang-kadang ini dapat mengeluarkan benda tersebut.
Apabila ada benda asing masuk didalam hidung kita harus mengeluarkannya dengan hati-hati. Karena dapat menyebabkan aspirasi, epitaksis, dan trauma jaringan mukosa hidung. Pertama-tama kita yakinkan pasien agar dia tidak merasa sakit dan mau diajak bekerja sama, kemudian kita injeksikan anestesi agar pasien tidak merasa sakit kemudian dengan instrumen penghisap kita mulai menghisap benda asing tersebut dari hidung. Kita bantu dokter untuk meng-Imobilisasikan pasien. Kontrol atau atasi epistaksis[bila terjadi]. Setelah benda asing itu keluar kita jangan lupa mendokumentasikan untuk mendokumentasikan benda yang keluar, obat-obatan yang diberikan, adanya dan jumlah epistaksis.
Untuk lintah teteskan dahulu air tenbakau agar terlepas dari mukosa hidung atau nasofaring kemudian dijepit dengan pinset dan ditarik keluar.

NB :
Jangan mencoba mengeluarkan sesuatu kecuali mudah dipegang dengan pinset dan berada dekat dengan permukaan jaringan. Jangan tusuk terlalu dalam pada hidung
Pemberian anti biotik sistemik selama 5-7 hari hanya bila ada infeksi hidung dan sinus.
Tidak dianjurkan kmendorong kearah nasofaring dengan tujuan agar masuk kelaring dan saluran nafas bawah sehingga timbul sesak napas dan kegawatan.
3. TAMPON HIDUNG
Apabila rerjadi perdarahan pada hidung [epistaksis] kita dapat menggunakan tampon hidung. Adapun guna dari tampon hidung yaitu;
Untuk mengatasi oerdarahan pada hidung dengan memberi tekanan
Untuk melindungi daerah kauterassasi dari kekeringan dan trauma
Untuk memungkinkan pentembuhan mukosa hidung

DAFTAR PUSTAKA

Mancini,Mary.E.1994.Prosedur Keperawatan Darurat.Jakarta.Buku Kedokteran
Kartono,Mohamad.1976.Pertolongan Pertama Masuk Hidung. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama
Blog at wordpress.com
http//yatim-himma org/www.yatim-himma org

Photobucket